Penulis: Aulia Akbar Desember 13, 2014

Perjalanan udara biasanya dapat dilakukan dengan dua jenis maskapai penerbangan: Full Service Airline (operator layanan penuh, seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Singapore Airlines) yang memberikan layanan yang handal, profesional dan nyaman dengan staf yang benar-benar peduli terhadap pelanggan mereka. Low Cost Carrier (operator berbiaya rendah, seperti AirAsia, Citilink), di sisi lain, mengorbankan banyak hal dalam rangka untuk melayani Anda dengan penerbangan yang lebih murah. Bagaimana dengan membayar untuk layanan tambahan?


Full Service, dong!

  • Jika ada sesuatu yang buruk (penundaan, kehilangan bagasi, dll.), ada sebuah departemen pelayanan pelanggan (customer service department) yang umumnya akan membantu dan memberi kompensasi atas ketidaknyamanan yang mungkin terjadi. LCC menawarkan pelayanan pelanggan yang terbatas.
  • Kursi Thai Lion Air. Sumber: www.lionairthai.com
  • Jika penerbangan dibatalkan, FSC dapat menggunakan mitra aliansi mereka (aliansi seperti SkyTeam, Star Alliance, dan Oneworld) untuk membantu membawa penumpang pulang. Misalnya, penumpang GA yang penerbangannya dibatalkan dari Jakarta dapat memesan ke penerbangan Korean Air (yang sama-sama anggota dari aliansi SkyTeam) untuk berangkat lebih cepat dari penerbangan GA berikutnya. LCC gak memiliki aliansi dan gak bisa melakukan hal ini. Kalau mereka membatalkan penerbangan, Anda bisa terdampar selama sehari. - amit-amit dah!
  • Biaya penerbangan LCC Anda bisa menjadi lebih mahal saat ada biaya tersembunyi seperti biaya bagasi saat check-in, In-Flight Entertainment, serta makanan dan minuman.
  • LCC biasanya beroperasi di bandara dengan biaya yang lebih murah yang biasanya jauh dari pusat kota. Tambahan waktu dan biaya untuk masuk ke kota mungkin tidak sepadan dengan uang yang anda hemat di penerbangan. Jangan terkecoh dengan nama bandara, pastikan Anda tahu persis di mana Anda terbang!
  • LCC sangat murah antara lain karena maskapai membayar lebih sedikit untuk slot pendaratan (landing slot) bandara yang berada di jam yang kurang bagus (pagi atau larut malam). FSC umumnya beroperasi lebih sering sepanjang hari, sehingga Anda dapat memilih waktu yang cocok untuk anda.
Gak! Low Cost lebih enak!
Kabin AirAsia. Sumber: Wikipedia
  • Penerbangan yang begitu pendek dan mengorbankan kenyamanan, IFE, serta makanan sama sekali bukan masalah besar.
  • LCC kadang-kadang menggunakan bandara yang sama dengan operator layanan penuh.
  • LCC mengoperasikan jenis pesawat yang sama sebagai pembawa layanan penuh dan tunduk pada aturan ketat yang sama pada pemeliharaan - keselamatan tentu tidak dikorbankan.
  • Masalah utama seperti pembatalan cukup jarang terjadi. Bagi para wisatawan yang "sadar dompet" hal itu mungkin berisiko kecil untuk terdampar dengan penerbangan yang jauh lebih murah.
  • Anda harus selalu memiliki asuransi perjalanan, yang bisa menanggung Anda untuk ongkos pulang ke rumah atau setidaknya memberikan kompensasi jika terjadi pembatalan penerbangan - lihat di kebijakannya.
Membandingkan Biaya
Menu makanan yang ditawarkan Citilink yang
bisa dibeli dalam penerbangan.
Tentu saja, memilih antara FSC dan LCC itu mesti memerhatikan kualitas, pelayanan, dan harga. It's a trade-off, misalnya "Saya akan terbang dengan Citilink ke Bali atau menambah 400 ribu rupiah untuk terbang dengan GA?"- Berapa banyak layanan tambahan dan kualitas terserah pada Anda. Tapi sebelumnya, pastikan Anda membandingkannya. LCC memiliki kebiasaan menyembunyikan biaya tambahan yang mungkin gak Anda pertimbangkan ketika memesan penerbangan.

Berikut ini adalah daftar dari apa aja yang biasanya dikenakan sebagai biaya tambahan oleh LCC.
  • Membayar penerbangan.
  • Bagasi saat check-in - LCC mengenakan biaya atas check in tas tahan, yang bertambah dengan berat.
  • Boarding pertama - bayar biar bisa masuk pesawat duluan.
  • Makanan dan minuman - bayar di dalam pesawat, beberapa LCC ada yang membuatnya sebagai opsi saat memesan tiket penerbangan, sehingga mungkin lebih baik membawa Anda sendiri atau pilih FSC.
  • In-Flight Entertainment - beberapa maskapai penerbangan mengenakan biaya; pada penerbangan yang jauh, ini adalah suatu pertimbangan penting
  • Amenities kit - bantal, headphone, dll
Kesimpulannya, terbang dengan FSC sepadan dengan fasilitas tambahannya, tapi hal itu tergantung pada situasi dan preferensi pribadi. Pertimbangkan berbagai masalah di atas ketika memutuskan berapa banyak tambahan yang bersedia Anda bayar, dan coba untuk membandingkan semua biaya yang terlibat - tarif LCC selalu menghilangkan biaya tambahan yang jumlahnya satu atau dua... atau tiga....

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2018 Tulisan Akbar - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Aulia Akbar Setyogomo -